Sabtu, 04 Mei 2013

Trend Modifikasi Mobil di Indonesia

Trend Modifikasi Mobil di Indonesia - Sebagai sebuah negara yang sedang berkembang, Indonesia menyimpan cukup banyak potensi. Selain dari potensi Sumebr daya alam - saat ini Indonesia sudah menjadi target pasar untuk industri-insdutri besar seperti produk elektronik dan otomotif. Perkembangan dunia Otomotif sangat pesat di Indonesia, hal ini didukung juga oleh sistem kepemilikan kendaraan yang cukup mudah dengan adanya sistem pembiayaan oleh Leasing.

Kemudahan dalam memiliki kendaraan mengakibatkan jumlah kendaraaan yang ada saat ini sangat banyak, tidak sedikit dalam satu keluarga yang memiliki kendaraan lebih dari satu unit, baik itu kendaraan roda empat ataupun kendaraan rioda dua. Hal ini secara ekonomi mungkin terlihat baik, tetapi tidak bagi tatanan sosial, dimana infrastruktur yang ada belum mendukung hal ini. Kondisi jalan yang belum memadai serta jumlah kendaraan yang surplus menyebabkan jalanan menjadi lebih sering macet sehingga menyebabkan terhambatnya aktifitas serta melahirkan problem baru yaitu tingkat kecelakaan jalan raya yang cukup tinggi.

modifikasi mobil

Terlepas dari itu semua, dalam perkembangan dunia otomotif ada banyak potensi lain yang bisa digali, terutama dalam segi kreatifitas. Para pemilik kendaraan bermotor tampaknya menyukai kegiatan untuk merubah kondisi kendaraan pribadi mereka sehingga menjadi tampil berbeda dari yang lain dan unik. Trend Modifikasi ini lahir seiring perkembangan jaman dan perkembangan dunia otomotif itu sendiri, dimulai dari dunia modifikasi tampilan kendaraan sampai ke modifikasi performa mesin serta aksesoris kendaraan.

Gaya modifikasi yang ada setiap saat berubah dan pastinya berbeda dengan gaya-gaya yang lama, meskipun secara dasar atau konsep masih memiliki kesamaan, parameter pembedanya ada pada sisi desain serta tampilan.Pada jaman dahulu kita mengenal gaya modifikasi tampilan kendaraand engan melukisnya seperti ang dilakukan oleh generasi tahun 70'an terhadap kendaraan mereka (saat itu trendnya kendaraan VW Combie), kemudian dilanjutkan oleh generasi tahun 80'an dengan gaya Racing menggunakan mini sedan seperti Honda Civic seperti dalam Filem Catatan si Boy dan pada tahun 90'an lahir gaya-gaya modern sperti Gaya Ceper atau gaya Hiphop yang membuat kendaraan bisa melakukan lompatan-lompatan seperti sedang menari - gaya ini seringkali muncul dalam film-film Holywood yang menceritakan geng Kulit hitam atau Geng Hispanic.

Pada tahun 2000'an gaya modifikasi melahirkan ide-ide yang lebih kreatif dan lebih extrem, modifikasi tidak sekedar pada penampilan,selain modifikasi performa mesin sehingga membuat kendaraan memiliki kemampuan untuk dipacu pada kecepatan tinggi juga ada sebagian yang mulai menggunakan gaya modifikasi terhadap kaki-kaki kendaraan yaitu pada bagian roda, velg dan shockbreaker. Gaya ini sering diadaptasi oleh modificator,Bigfoot, Stance Wheel atau hellaflush.

Kedepannya, dipastikan trend dunia modifikasi mobildi Indonesia akan lebih berkembang dan melahirkan gaya-gaya baru yang pastinya lebih unik dan futiristik.


baca informasi tentang Legoland di artikel sebelumnya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar